News Detail

Tato Pada Tubuh Dan Risiko Kesehatannya

Sebelum Anda memutuskan untuk membuat tato di tangan, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan terlebih dahulu. Selain berisiko terhadap kesehatan, ada banyak hal lain yang menyebabkan pembuatan tato di tangan perlu dipikirkan secara matang-matang.

Pembuatan tato di tangan sudah lama dilakukan oleh bangsa atau suku tertentu, seperti masyarakat di India atau suku Dayak di Indonesia. Saat ini, pembuatan tato di tangan makin meluas dan bukan lagi terkait budaya, melainkan bagian dari seni dan gaya hidup.

Namun, sebelum Anda memutuskan untuk membuat tato di tangan, baik di punggung tangan atau di pergelangan tangan, ada beberapa hal yang perlu Anda pertimbangkan baik-baik. Salah satunya adalah rasa sakit. Pembuatan tato di tangan akan terasa lebih sakit dibandingkan di area lain, mengingat kulit tangan lebih tipis dan memiliki banyak ujung saraf.

Tidak hanya itu, karena tato di tangan tidak bisa ditutupi oleh pakaian, membuat tato di area ini bisa menjadi masalah bagi orang yang memiliki profesi tertentu, misalnya guru atau dokter. Beberapa perusahaan juga mungkin akan berpikir ulang untuk menerima karyawan dengan tato di tangan.

Dampak Tato di Tangan terhadap Kesehatan

Pada dasarnya, dampak kesehatan dari tato di tangan sama dengan tato di tempat lain. Namun, karena lokasinya di tangan yang sering terpapar kotoran, air, dan sabun, maka area yang baru ditato akan lebih mudah mengalami masalah.

Berikut ini adalah beberapa risiko pembuatan tato di tangan terhadap kesehatan:

  1. Infeksi Kulit 
  2. Reaksi Alergi
  3. Tetanus
  4. Hepatitis B
  5. Hepatitis C, hingga
  6. HIV


Sumber: alodokter.com